ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN CEREBRO VASCULAR ACCIDENT (CVA) DENGAN MASALAH RISIKO PERFUSI SEREBRAL TIDAK EFEKTIF DI RUMAH SAKIT PANTI WALUYA SAWAHAN MALANG

Abadiya, Fidya Arini (2020) ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN CEREBRO VASCULAR ACCIDENT (CVA) DENGAN MASALAH RISIKO PERFUSI SEREBRAL TIDAK EFEKTIF DI RUMAH SAKIT PANTI WALUYA SAWAHAN MALANG. Diploma thesis, STIKES Panti Waluya.

[img] Text
MANUSKRIP FIDIYA .pdf

Download (481kB)
[img] Text
KTI FIDIYA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
MANUSKRIP FIDIYA .docx
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] Text
KTI FIDIYA.docx
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Cerebrovascular Accident (CVA) merupakan hilangnya fungsi otak yang diakibatkan oleh berhentinya suplai darah ke otak secara mendadak, progresif, menimbulkan defisit neurologis lokal atau global dan dapat mengakibatkan kematian. Seseorang yang mengalami penurunan sirkulasi darah ke otak dapat mengganggu fungsi otak karena tidak bisa menghantarkan oksigen dan nutrisi kedalam otak.Jika penurunan sirkulasi darah ke otak tidak segera ditangani bisa menyebabkan terjadinya infark atau kematian batang otak. Tujuan Penelitian melakukan asuhan keperawatan pada pasien CVA dengan masalah risiko perfusi serebral tidak efektif di Rumah Sakit Panti Waluya Sawahan Malang. Desain penelitian yang diterapkan adalah studi kasus dengan 2 pasien sebagai responden. Data yang diperoleh berasal dari data sekunder yang didapatkan dari wawancara (lewat telfon) keperawat yang memberikan asuhan keperawatan dan studi dokumen dari rekam medis pasien tersebut. Hasil penelitian selama 3 hari menunjukkan tidak ada perluasan gangguan CVA atau risiko perfusi serebral tidak efektif tidak terjadi. Asuhan keperawatan yang dilakukan pada klien cerebrovascular accident dengan masalah resiko perfusi serebral tidak efektif di Rumah Sakit Panti Waluya Sawahan Malang selama 3 hari terbukti teratasi. Kesimpulan: Berdasarkan dari hasil tindakan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa masalah risiko perfusi serebral tidak efektif dapat teratasi sesuai dengan kriteria hasil yang sudah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Asuhan Keperawatan, CVA, Risiko Perfusi
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Mr Steven Christ
Date Deposited: 20 May 2022 01:42
Last Modified: 20 May 2022 01:42
URI: http://repository.stikespantiwaluya.ac.id/id/eprint/156

Actions (login required)

View Item View Item