ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN CEREBROVASCULAR ACCIDENT (CVA) DENGAN MASALAH GANGGUAN MOBILITAS FISIK DI RS PANTI WALUYA SAWAHAN MALANG

Eya, Ema Christiana (2020) ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN CEREBROVASCULAR ACCIDENT (CVA) DENGAN MASALAH GANGGUAN MOBILITAS FISIK DI RS PANTI WALUYA SAWAHAN MALANG. Diploma thesis, STIKES Panti Waluya.

[img] Text
STIKESPW_EMA CHRISTIANA_MANUSKRIP.pdf

Download (643kB)
[img] Text
STIKESPW_EMA CHRISTIANA_FULL TEXT.docx
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
STIKESPW_EMA CHRISTIANA_MANUSKRIP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (643kB)
[img] Text
STIKESPW_EMA CHRISTIANA_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Eya, Ema Christiana. 2020. Asuhan Keperawatan Pada Klien Cerebrovascular Accident (CVA) Dengan Masalah Gangguan Mobilitas Fisik Di Rumah Sakit Panti Waluya Malang. Karya Tulis Ilmiah, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Panti Waluya Malang. Pembimbing : (1) Sr. Felisitas A. Sri S., Misc., MAN (2) Wibowo, S.Kep.,Ns., M.Biomed Cerebrovascular Accident (CVA), adalah penyakit yang terjadi secara mendadak karena adanya gangguan fungsi saraf pusat akibat tersumbatnya pembuluh darah otak atau pecahnya pembuluh darah otak, sehingga mempengaruhi sistem motorik dan sensorik yang mengakibatkan gangguan mobilitas fisik. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan asuhan keperawatan pada klien CVA dengan masalah gangguan mobilitas fisik, di Rumah Sakit Panti Waluya Malang pada bulan juni 2020. Desain penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan 2 klien sebagai responden. Berdasarkan pengkajian pada kedua klien dengan diagnose medis CVA dengan masalah gangguan mobilitas fisik dikarenakan hemiparese pada ekstrimitas dan telah dilakukan asuhan keperawatan selama 3 hari dengan intervensi sesuai tinjauan teori serta implementasi yang disesuaikan dengan keadaan klien. Hasil pada klien 1 masala belum teratasi dengan memenuhi 3 kriteria hasil dari 6 kriteria hasil yang telah ditetapkan dan pada klien 2 masalah belum teratasi dengan memenuhi 3 kriteria hasil dari 6 kriteria hasil yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, dalam memberikan tindakan keperawatan untuk mengatasi gangguan mobilitas fisik pada klien CVA memerlukan waktu pemulihan sesuai kondisi klien dan diperlukan latihan ROM pasif maupun aktif sesuai kondisi klien untuk meningkatkan kekuatan otot ekstrimitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: CVA (Cerebrovascular Accident), Gangguan Mobilitas Fisik
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Mr Steven Christ
Date Deposited: 20 May 2022 01:43
Last Modified: 20 May 2022 01:43
URI: http://repository.stikespantiwaluya.ac.id/id/eprint/167

Actions (login required)

View Item View Item